PAT Smamita Berbasis Android atau IOS

 

Kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Computer Based Test dan Android (PAT CBT) 2019 SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo (SMAMITA) dimulai hari Rabu, (9/5/2019).

PAT bertepatan dengan puasa Ramadhan, menggunakan media android dan laptop siswa.

Dengan aplikasi CBT maka hasil pekerjaan siswa bisa langsung diketahui oleh guru. Hasilnya sudah pasti lebih akurat dan cepat. Selain itu penggunaan kertas sangat berkurang. Hal itu berarti dapat mengurangi limbah kertas.

“Untuk teknis pengerjaan soal pada prinsipnya, siswa harus login terlebih dahulu lalu mengerjakan soal dan klik jawaban yang dianggap benar. Masing-masing siswa memiliki akun untuk mengerjakan soal mata pelajaran yang diujikan.”Ujar Emil Mukhtar Waka Humas Smamita.

Untuk smartphone berbasis android dan IOS sekolah memiliki kapasitas mikrotik yang mampu menampung 1000 client atau akun. siswa yang memiliki laptop juga dipersilahkan mengerjakan memakai laptop.

Pelaksanaan PAT berbasis Komputer dan Android bagi siswa tidak memiliki kendala berarti. Pasalnya, seluruh peserta ujian telah menggunakan smartphone berbasis Android dan IOS serta laptop dalam setiap pembelajaran dikelas.

Selain lebih memudahkan para siswa untuk mengerjakan soal, dengan menggunakan aplikasi ujian di smartphone, juga meminimalkan terjadi kecurangan, karena soal diacak.

“Siswa tidak bisa membuka aplikasi pencarian google karena paket datanya sudah di matikan semua, jadi ketika login pengerjaan soal mereka tidak bisa membuka aplikasi apapun selain aplikasi ujian,” pungkasnya. Wahyu Murti