Kamis, 23 Mei 2019 Otoritas Jasa Keuangan Region IV Jawa Timur menggelar Aksi Gaul Rek. Aksi gaul rek ini merupakan tema dari kegiatan keuangan syariah OJK yang bekerja sama dengan BPRS di Jawa Timur.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan Region IV Jawa Timur Heru Cahyono menjelaskan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai perwujudan komitmen dalam mendorong indsutri keuangan syariah di Jatim. “Pada Tri Wulan I 2019 industri keuangan syariah di Jawa Timur menunjukkan kinerja yang positif tercermin dari perkembangan keuangan syariah yang terus meningkat. Asset perbankan syariah di Jawa timur meningkat 10,9% yang didukung oleh pertumbuhan dana pihak ketiga sebesar 18,7% dan pembiayaan 9,33%,” kata Heru Cahyono

Capaian tersebut, lanjutnya, merupakan hasil dari impian kita semua yang terwujud berkat dukungan semua pegiat ekonomi.

Kegiatan Aksi Gaul Rek
ini terbagi menjadi beberapa kegiatan. Diantaranya peluncuran buku yang berjudul “buku gaul keuangan syariah”. OJK bersama pegiat pelaku ekonomi melakukan literasi melalui penerbitan buku yang bertujuan agar generasi milenial memiliki pemahaman yang baik tentang ekonomi syariah. Penyusunan buku ini merupakan bagian dari implementasi dari strategi nasional literasi keuangan Indonesia.

Setelah peluncuran buku, dilanjutkan dengan peluncuran tabungan gaul Islamic Banking atau IB. Tabungan Gaul IB adalah produk simpanan berencana yang dipasarkan 15 BPRS di jatim. Buku ini kusus untuk pelajar/mahasiswa dan paperless atau telah berbasis android sehingga tidak memerlukan buku tabungan manual .

Kemudian peluncuruan platform elerning keuangan syariah atau disebut sharia-X. Platform ini berisi materi pembelajaran ekonomi syariah bagi pelajar SMA/SMK agar memahami tentang ekonomi syariah yang bisa diakses diandroid tanpa pembelajaran formal dikelas.

Dan acara yang terakhir adalah pemberian bantuan pendidikan atau beasiswa dari 7 BPRS di Jawa timur kepada 29 pelajar berprestrasi di Jawa timur. Akbar Krisna pelajar kelas X IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Taman berkesempatan memperoleh bantuan pendidikan dari BPRS Bakti Makmur Indah Sidoarjo yang diserahkan langsung oleh kepala Cabang BPRS Bakti Makmur Indah Bapak Dicky.

“Bantuan pendidikan berupa tabungan gaul IB ini nantinya akan saya pergunakan untuk biaya saya sekolah” ujar Akbar. Wahyu Murti