Kegiatan Darul Arqom Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Taman diisi dengan sosialisasi pencegahan penyalahgunaan penggunaan narkoba oleh Badan Narkotika Nasonal (BNN) Sidoarjo, Senin (27/5/2019).

Narasumber kegiatan ini Duta Anti Narkoba BNN Amelia. Kak Ami –sapaan- akrabnya  menjelaskan, pelaksanaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba dimulai sejak dini.

“Indonesia saat ini berada dalam darurat Narkoba. Karena patroli BNN Kabupaten Sidoarjo mendapati pemuda membawa dan mengkonsumsi narkoba. Maka dari itu kami melakukan sosialisai Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran narkoba ke pelajar SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo,” Ujar Ami.

Ami menembahkan pengguna narkoba sama dengan orang sakit, dan hukuman yang tepat adalah rehabilitasi.

“Pengguna narkoba adalah orang yang sakit mentalnya sehingga kami merujuk para pasien narkoba ke rumah sakit jiwa lawang,” tambahnya.

Dalam sosialisasi kali ini BNN membuka Focus Grup Discussion atau FGD bersama pelajar SMAMITA.

Fadli Al Barka pelajar kelas XI IPA 3 dalam FGD tersebut menjelaskan tentang alasan pelajar menjadi sasaran peredaran narkoba.

“Pelajar itu memiliki rasa ingin tahu yang besar dan labil sehingga sering menjadi sasaram empuk pengedar narkoba” ujar Fadli.

“Agar tidak terjerumus ke penyalahgunaan narkoba kita harus  berkeyakinan dan melakukan pengendalian diri sendiri. Berteman dengan orang yang baik dan mendekatkan diri kepada Allah” tambahnya.

Di akhir acara Forum Grup Discusion BNN Sidoarjo berpesan kepada seluruh pelajar SMA Muhammadiyah 1 Taman agar jangan sampai terkena bahaya narkoba. Pelajar harus mempunyai komitmen bersama untuk bebas dari narkoba. Wahyu Murti