Smamita Salurkan Zakat Fitrah

 

Berzakat fitrah tidak sekedar memenuhi rukun Islam ke-3 sebagai umat Islam, hakikat zakat fitrah sesungguhnya adalah mensucikan jiwa. Zakat fitrah juga bukan hanya penggugur kewajiban saja melainkan sebagai bentuk ketaatan dan mencari keridhaan Allah. Sesuai dengan firman Allah QS. Ar-Rum ayat 39:

وَمَا آتَيْتُمْ مِنْ زَكَاةٍ تُرِيدُونَ وَجْهَ اللَّهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُضْعِفُونَ

Artinya: “Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencari keridhaan Allah, maka (yang berbuat demikian) itulah orang-orang yang melipat gandakan (pahalanya).”

Hal yang sama dilakukan oleh siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Taman, selain kegiatan Darul Arqom yang sudah dilaksanakan di sekolah mereka juga berzakat fitrah di sekolah. Zakat yang dikoordinir oleh pihak sekolah berupa beras 2,5-3 kg atau uang senilai Rp 35.000. Pada Rabu tanggal 29 Mei 2019 siswa-siswi mulai membagikan zakat fitrah ke warga sekitar sekolah.

Pembagian zakat fitrah meliputi wilayah RT. 01, RT.02, RT.03, RT.04, RT.05 serta RT.06 Ketegan.

Salah satu penerima zakat fitrah RT. 02 Ketegan yang bernama Ibu Parni misalnya, mengucapkan terima kasih dan merasa senang karena setiap tahun mendapat zakat fitrah dari SMA Muhammadiyah 1 Taman. Ibu yang ketiga anaknya alumni SMA Muhammadiyah 1 Taman itu juga mengatakan bahwa sekolahannya sudah semakin maju dan bagus.

Pembagian zakat fitrah tersebut dimulai dari pagi hari hingga menjelang sore hari meskipun merasakan panas terik matahari di bulan puasa, tidak mematahkan semangat siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Taman untuk menyalurkan zakat fitrah dari rumah ke rumah. Semoga dengan berzakat fitrah dapat melatih siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Taman untuk semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dalam kehidupan sehari-hari. Ika