SMAMITA – Parpas atau yang sering dikenal dengan paguyuban remaja peduli HIV/AIDS Kabupaten Sidoarjo memberikan materi HIV/AIDS kepada peserta fortasi SMA Muhammadiyah 1 Taman (SMAMITA) Rabu (17/7/2019), di Hall Sekolah.

Materi yang di berikan diantaranya mengenai apa itu HIV/AIDS, bagaimana cara penularannya, dampak yang ditimbulkan serta cara pencegahan penyakit tersebut.

Seperti yang kita ketahui, HIV/AIDS merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan menjadikannnya rentan terhadap segala virus dan bakteri.

Dalam pemaparannya, ada beberapa dampak-dampak yang ditimbulkan dari penyakit HIV/AIDS ini. Apabila seseorang sudah terkena penyakit HIV/AIDS maka akan berdampak pada masa depan nya.

Selain itu, dampak sosial bisa berasal dari lingkungan dan keluarga, terutama terhadap mental si penderita penyakit HIV/AIDS serta beban biaya pengobatan yang begitu mahal.

Peserta fortasi terlihat begitu aktif menyimak materi yang di berikan oleh anggota parpas ini. Pendidikan mengenai penyakit HIV/AIDS sangat penting di berikan kepada peserta didik dalam rangka untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran penyakit HIV/AIDS terutama di kalangan remaja.

Dalam hal ini, pemateri juga berpesan kepada peserta didik untuk selalu waspada. “Jauhi penyakitnya, bukan orangnya” ungkapnya. Ari tri