Bawa Karakter Pelajar Muhammadiyah, Seusai Upacara Bersihkan Sampah

0
2

Setiap tahunnya, peringatan HUT RI selalu menjadi moment yang sangat menarik dan menyenangkan. Peringatan mulai dari perlombaan-perlombaan, dan upacara bendera menjadi suatu momen yang selalu dinantikan.

Begitu juga dengan SMA Muhammadiyah 1 Taman-Sidoarjo (Smamita), rentetan perayaan mengisi Hut RI ke 74 ini sudah di mulai dari hari kamis lalu. Berbagai perlombaan dilaksanakan disekolah.

Sabtu (17/8/2019) pagi, ratusan pelajar Smamita, mengikuti upacara bendera yang dilaksanan oleh Kecamatan Taman di halaman gedung Tani Puspa Agro. Dan kesemuanya itu tergabung dlam kelompok kelas X (sepuluh).

Ada yang menarik dari kegiatan kali ini, bukan upacaranya, namun karakter untuk selalu menjaga kebersihan siswa-siswi smamita yang mulai terlihat diaplikasikan diluar sekolah.

Setelah rentetan upacara usai, peserta upacara disuguhkan penampilan unjuk bakat seni baris berbaris dari smp negeri 2 taman sembari menikmati snak yang disediakan sekolah.

Disinilah karakter yang mulai nampak, dari sampah makanan, siswa siswi berusaha mengambil dan membuangnya tempat disampah, bahkan ada beberapa dari mereka yang dengan sengaja membawa tas besar untuk mengambil sisa makanan dan sampah yang tercecer dibarisan tadi.

Salah satu peserta upacara Arifian Zulfikrullah Ramadhan X IPS 3 mengungkapkan alasanya mengikuti upacara kemerdekaan ini untuk mengenang jasa pejuang kemerdekaan.

“Saya ikut upacara hari ini mengenang serta menghormati jasa para pahlawan yang gugur demi merdekanya indonesia,” katanya.

Tujuan upacara tadi adalah, lanjut pelajara kelas X IPS 3 tersebut mengatakan, untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia, Dan mengingatkan kita kembali tentang perjuangan pejuang terdahulu.

“Seusai upacara kita makan kue bersama lalu memungut sampah sisa makanan tadi karena kita sadar pentingnya kebersihan, Toh juga kita sendiri juga yang makan tadi, maka kita harus membuang sampah makanan itu pada tempatnya,” ujar pelajar yang gemar pelajaran IPS itu.

Semoga pembinaan karakter dan pembiasaan untuk selalu tertib, disiplin dan menjaga kebersihan benar-benar bisa dipraktekkan dalam kehidupan bermasyarakat. (Edwin Yogi)