Sulap Tumpeng Serupai Hotel Yamato

0
9

Tepuk tangan riuh terdengar dari Gedung SMA Muhammadiyah 1 Taman, Kamis (15/8/2019) lalu. Ternyata di sana tengah berlangsung lomba dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-74.

Salah satunya lomba menghias tumpeng. Lomba ini diikuti oleh seluruh kelas. Mereka saling menyemangati teman temannya untuk menghias tumpeng.

’’Harus menang,’’ ujar Riza Fadila Kurniasih, salah satu penonton peserta lomba tumpeng dengan penuh semangat.

Riza -sapaan akrabnya menambahkan, tema dari lomba menghias tumpeng yang kelasnya buat kali ini adalah perjuangan

“Teman kami tim dari X IPS 3 ada Braecita, Khansa dan Shopia menghias tumpeng dengan tema perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan di hotel Yamato Surabaya,” ujar Riza.

Dia menjelaskan Kesulitan saat menghias tumpeng ada pada saat mencetak nasi. “Agar nasi tidak pecah saat dibalik ke tampah maka tim memutuskan diberi alas daun pisang di pencetak nasinya. Dan Alhamdulilah nasinya tidak pecah,” tambahnya.

Pembina Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Putri Nur Jannah mengatakan, lomba 17-an tersebut berlangsung dari Kamis sampai Jumat.

“Berlangsung 2 hari menjelang 17 Agustus. Agenda lomba pada hari Kamis ini antara lain, lomba menghias tumpeng, Band, Senam Holic, Adzan dan Estafet Pimpong,” katanya.

Kegiatan itu, lanjut bu guru mata pelajaran Kemuhammadiyahan, memang rutin diadakan dengan tujuan membentuk dan menguatkan ghiroh berjuang untuk meraih kerberhasilan meski banyak rintangan.

“Serta, untuk meneladani sikap perjuangan pahlawan dengan menyemarakkan ulang tahun Indonesia,” sambungnya

Berikut bahan dan alat untuk menghias Tumpeng milik kelas X IPS 3

Nasi kuning, telur puyuh dan telur ayam. Ayam asam manis, sosis yang dibentuk bunga. Tomat dan mentimun. Perkedel kentang, kering tempe, sambal goreng kentang ati, serundeng, dan sayuran dan wortel.

Untuk alat yang digunakan, meliputi
tampah sebagai tempat nasi, daun pisang sebagai alas. Pita bendera merah putih, hiasan miniatur. Wahyu Murti