Datang ke IFI, ini yang Dilakukan Siswa Smamita

0
17

 

English Club dan Tim Jurnalis SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo (Smamita) berkesempatan mengunjungi Institut Francais Indonesia (IFI) di Jl. Ratna No. 14 Surabaya Jumat (25/10/2019). Kunjungan ini bertujuan untuk menambah wawasan tentang pendidikan di Perancis dan memperkaya bahasa.

Ada tiga rangkaian kegiatan yang dilakukan yaitu pengenalan perpustakaan, pembelajaran kelas, dan pemberian informasi di auditorium.
Setibanya disana, English Club dan Tim Jurnalis Smamita disambut oleh pustakawan IFI, I Made Yogi. Yogi menjelaskan tentang perpustakaan IFI

“Perpustakaan IFI adalah perpustakaan tentang Perancis yang paling lengkap dan terdiri atas 5000 koleksi. “ ujar Yogi
Yogi menjelaskan buku yang paling banyak disajikan tentang art, fotografi, dan sejarah.

“Ada juga buku sejarah Indonesia dari tempo dulu sampai Indonesia Heritage. Yang paling unik dan menonjol dari perpustakaan ini adalah workshop dan cineclub. Workshop biasanya mengundang seniman dan membuat kerajinan dari keramik. Sedangkan cineclub adalah pemutaran film Perancis.” Jelasnya.

Selanjutnya tim English Club dan Tim Jurnalis Smamita menemui direktur IFI, Benoit Bavouset.

Benoit Bavouset menjelaskan tentang IFI . “IFI adalah pelayanan publik pemerintah Perancis dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.”Ujar Benoit

Ia menuturkan ada empat misi IFI, yaitu bahasa, kebudayaan, kerjasama dengan universitas tinggi Perancis dan Indonesia, dan yang terakhir adalah perpustakaan.

“Tujuan dari banyaknya kerjasama dengan orang Indonesia adalah untuk mengenalkan kebudayaan Perancis dan sebaliknya.” tambahnya

Kegiatan kedua yaitu pembelajaran kelas yang dipimpin oleh Rosa, pembimbing kelas bahasa Perancis. Ia mengajarkan tentang perkenalan, angka, dan alphabet. Beberapa peserta mencoba maju serta mempraktikkan materi yang telah disampaikan.

Selain materi, terdapat pembagian reward berupa totebag, stiker, pembatas buku, dan bulpoin.
Kegiatan yang terakhir adalah informasi mengenai kuliah di Perancis yang disampaikan oleh Indri Novita Sari. Indri adalah penanggung jawab Campus France. Indri menyampaikan informasi keuntungan memilih Perancis sebagai tempat melanjutkan study.

“Perancis merupakan destinasi wisata no.1, mempunyai kuliner terbaik, negara terdepan dalam pendidikan, dan bahasa resmi di 32 negara. Selain itu, pemerintah juga dengan segan memberikan subsidi kepada mahasiswa asing yang meliputi tempat tinggal, asuransi kesehatan, kegiatan budaya, dan transportasi sehingga Perancis tepat dijadikan tempat study”pungkasnya

*JURNALIS SMAMITA