Tingkatkan Mutu Menulis, Guru Smamita Kerjasama dengan LIK PWM

0
19

 

Sebagai komitmen meningkatkan kemampuan menulis guru, SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo bersama Lembaga Komunikasi dan Informasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur menggelar pelatihan menulis deskriptif sebagai dakwah digital dan marketing sekolah Kamis (24/10/2019). Acara ini menghadirkan narasumber Ketua LIK PWM Jatim Sugeng Purwanto dan M. Nurfatoni.

Pelatihan ini dihadiri oleh Guru Muhammadiyah Se-Cabang Sepanjang dan Beberapa Guru dari SMP Muhammadiyah Surabaya, Krian dan Waru. Kegiatan pelatihan ini berisikan materi menulis dan fotografi dari pukul 08.00 hingga pukul 13.00 WIB.

Acara dibuka oleh Dikdasmen PCM Sepanjang M. Asror . “Kegiatan menulis ini sangat luar biasa. Kami berharap kegiatan ini berjalan lancar dan dapat menjadikan dakwah digital bagi sekolah muhammadiyah sepanjang dalam mempublikasikan kegiatan sekolah masing masing” ujar Asror

Pembukaan tidak berlangsung lama, kemudian dilanjut ke sesi menulis oleh Sugeng Purwanto

Sugeng menjelaskan materi tentang menulis deskriptif. ”Penulis yang baik haru mampu mendeskripsikan sebuah peristiwa secara detail sehingga mampu memberikan informasi yang lengkap kepada pembaca Dalam menulis berita. Jika tulisan itu bagus, lima menit kemudian pasti tulisan akan diolpoad oleh redaktur” ujar Sugeng

Sugeng melanjutkan jika Rumus menulis itu harus memuat 7 unsur
“what, who, where, whe, why dan how itu rumus dalam menulis berita’ tambahnya
Selain itu sugeng memberi kesempatan kepada peserta untuk mencoba menulis deskriptif yang meliputi deskriptif profil dan suasana.

Lalu sesi ketiga materi oleh Editor PWMU.CO M. Nurfatoni. Ia menjelaskan bagaimana cara memfoto dengan baik dan memberi kesempatan kepada peserta untuk memfoto acara pelatihan yang sedang berlangsung.

“Dalam memfoto objek sebuah berita, harus tahu mana posisi engle yang tepat untuk mengambil foto agar hasil foto bagus” ujar Nurfatoni

Ia menambahkan Jangan sampai foto yang dihasilkan itu gelap dan blur

Selain itu, ia menghimbau peserta untuk membaca dan membagikan berita di web PWMU.CO dengan tujuan untuk menambah wawasan dan mengerti pendapat-pendapat tokoh Muhammadiyah dalam menyikapi suatu permasalahan atau konflik yang sedang hangat di masyarakat.

Dipenghujung acara pelatihan, ada pembagian hadiah berupa buku dan kaos untuk penulisan dan foto terbaik. Lalu acara ditutup dengan foto bersama di lobby Smamita dan pembagian makan siang serta sertifikat.

Penulis : Diana X IPA 4 (Jurnalis Smamita)