Munaqosah Juga Ajang Penguatan Mental

0
185
Ustadz Munir, saat uji peserta munaqosah Smamita

SMAMITA – Untuk menciptakan generasi hafidz dan hafidzah, SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo (Smamita), mengadakan Munaqasah dan Imtihan kelas tahfidz Al-Quran. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Kamis dan Jumat (30-31/01).

Ada 142 siswa yang mengikuti kegiatan ini. Mereka menunjukkan kemampuannya dalam menghafal beberapa juz, diantaranya juz 1, 2, 3, 4, 5, 27, 29, dan 30.

Ujian ini dimulai setelah Shalat Duha dan menghadirkan beberapa tim tajdid Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) jawa Timur sebagai penguji.

Dra. Aida Makawi, Majelis Dikdasmen PCM Sepanjang mwngatakan, Muhammadiyah ingin ciptakan penghafal Quran.

“Kami ingin menciptakan generasi penghafal Al Quran. Dan seandainya hari ini ada yang tidak lancar, anggaplah kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Jadi tidak ada kata gagal untuk kalian,” ujarnya.

Kegiatan berlangsung dengan suasana yang menyenangkan, namun tegang. Para peserta sibuk menghafalkan bacaannya. Seperti yang dirasakan oleh Syahidah Lathifah Hasna kelas X IPA 6.

“Rasanya campur aduk. Seneng, tapi tegang. Tapi aku berusaha yang terbaik meskipun masih ada ragu.” terangnya.

Selain itu, kegiatan munaqasah ini melatih mental, keberanian, dan daya ingatnya.

“Adanya munaqasah bisa nguatin metal, contohnya waktu berhadapan sama penguji. Terus melatih daya ingat juga, jadi selama setiap hari menghafal itu ada hasilnya apa engga. Terus ngetes inget engga sama bacaan yang dihafalin selama ini.” Pungkasnya.

Penulis : Rahma Meidiana (X IPA 4)