Ini Kegiatan Student Research Kelas IPS

MALANG – Hampir seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah dihabiskan di dalam kelas. Siswa-siswi akan dihadapkan dengan berbagai macam materi, rumus, dan soal-soal yang tentunya akan menguras otak mereka.

Tentulah hal itu sangat menjenuhkan bagi sebagian besar dari siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, SMA Muhammadiyah 1 Taman –Sidoarjo (Smamita) menambahkan kegiatan student research pada model pembelajaran.

Agenda ini, siswa kelas X IPS diajak mengunjungi museum ganesha dan kesenian tari topeng di Batu, Jawa Timur Jumat (31/1/2020).

Arfian siswa kelas X IPS 3 menjelaskan bahwa kegiatan di museum ganesya, siswa diajak keliling museum melihat lihat banyak koleksi  yaitu wayang wayang topeng keris perhiasan uang cina, guci, manik manik, jimat, jenglot.

“Kita melihat berbagai peninggalan sejarah kesenian, dan yang paling unik menurut saya  yaitu keris berukuran 3,5 meter,” ujar Fian.

Menurutnya, keris itu berukuran besar sehingga menarik untuk dipelajari.

Tidak hanya di museum Ganesha, sebelumnya, siswa juga diajak ke pusat kesenian tari topeng.

“Sebelumnya, kita  berkunjung ke tempat sanggar tari topeng. di sana kita diperkenalkan tentang  ciri ciri topeng. Topeng di tiap daerah itu berbeda,” paparnya.

Disanggar topeng, siswa diajari cara membuat topeng dan menari topeng. Siswa juga berkesempatan memainkan alat musik gamelan di sanggar tersebut. Wahyu Murti