Didampingi pengawas, peserta saat melaksanakan ujian

SMAMITA – Sebanyak 165 Siswa SMA Muhammadiyah 1 taman mengikuti Ujian Satuan Pendidikan Berbasis Komputer dan Smartphone, Senin 2 Maret 2020. Ujian ini merupakan ujian penentu kelulusan yang seluruh soalnya dibuat oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Jatim.

Ujian Satuan Pendidikan Berbasis Komputer dan Smartphone atau USP-BKS merupakan nama baru dari Ujian Sekolah. USP-BKS menentukan kelulusan siswa dengan persentase sebanyak 40 persen, meliputi ujian praktik dan ujian tulis. Sedangkan 60 persen didapat dari nilai rapor siswa selama semester satu hingga enam

Ujian di SMA Muhammadiyah 1 taman terbagi atas 2 sesi, sesi 1 dimulai pukul 07.00-11.00 dan sesi 2 dimulai pukul 12.00-16.00

“Siswa sudah terbiasa menggunakan laptop atau smartphone sebelum USP-BKS, sehingga insya allah tidak ada kendala baik server maupun kendala teknis lain,” ungkap Zainal Arif , Kepala Sekolah Smamita.

Salah satu peserta ujian, Alvin Kusuma menjelaskan berbagai persiapan yang dilakukan sebelum mengikuti ujian. “persiapan ujian seperti belajar soal soal dari kelas X hingga XII, dan mengingat materi materi yang telah disampaikan guru,” ujar Alvin.

Selain itu ia menambahkan juga mengikuti bimbingan belajar.

“Saya juga mengikuti bimbingan belajar diluar sekolah untuk meningkatkan kemampuan mengerjakan soal,” terangnya.

Suasana ujian (Cindy/smamita)

Seperti diketahui bobot soal USP-BKS di Jatim ini 20 persen soal mudah, 50 persen soal medium, dan 30 persen soal High Order Thinking Skill (HOTS). Sehingga Alvin benar benar serius dalam mempersiapkan Ujian ini.

“Harapannya nanti saya memperoleh hasil yang memuaskan maksimal nilai diatas rata rata” pungkasnya (Wahyu Murti)