Diah Oktavia guru Biologi Smamita (wahyu/smamita)

Minum air hangat sebelum tidur adalah kebiasaan yang baik bagi kesehatan. Karena air hangat membantu mengeluarkan racun dari tubuh seperti lemak yang akan keluar dipencernaan akhir. Hal ini diungkapkan Diah Oktavia, Guru Biologi SMA Muhammadiyah 1 Taman (Smamita).

Selain itu, alumni Jurusan Biologi ITS Surabaya ini menjelaskan bahwa cukupi asupan buah dan sayur akan membantu daya tahan tubuh.

“Terutama di tengah-tengah penyebaran virus korona (Covid-19) yang mengharuskan kondisi tubuh tetap sehat, agar tak mudah terinfeksi virus,” jelas Via sapaan akrabnya.

Menurutnya, virus itu adalah makhluk peralihan, dia dikatakan benda mati karena virus dapat dikristalkan dan dia tidak mempunyai organ-organ seperti makhluk hidup multiseluler.

“Tapi dikatakan benda hidup karena dia mempunyai nukleat (DNA), seperti dia bisa hidup di inangnya makhluk hidup jadi seperti numpang hidup. Inang itu tempat dia hidup,” ungkapnya.

Walaupun tidak mempunyai organ-organ sel, Bu Via ini menjelaskan, dia bisa menjadi banyak karena dia sudah menemukan suplai makanan untuk dia hidup. Jadi saat virus hinggap ditubuh manusia, maka di tubuh manusia ada metabolisme tubuh.

Kalau di tubuh manusia ada sel inang berarti ada metabolisme tubuh, nah virus itu hinggap di sel-sel tubuh kita sehingga dia bisa mendapatkan asupan yang sudah ada ditubuh kita.

“Dia ambil dan dikonsumsi untuk dia bertahan hidup dan bereproduksi. Cara dia bereproduksi yaitu dengan cara replikasi atau membelah diri sampai milyaran sel jumlahnya,” tuturnya.

Menurut Via, virus itu macam macam bentuknya tipenya, tapi sebagian besar virus akan mati disuhu tinggi. Makanya di makanan kaleng harus ada proses strerilisasi agar virus dan bakteri mati.

“Sama seperti saat kita terkena flu,saat flu metabolism tubuh menurun, dan ketahanan tubuh melemah, maka kita harus berjemur dibawah sinar matahari agar virus penyebab flu didalam tubuh mati,” terangnya

Lebih lanjut, Via menambahkan, Indonesia berada di Iklim Tropis dengan dua musim, yakni kemarau dan hujan. Keuntungan Indonesia berada diiklim tropis yakni ketika pada musim kemarau, maka meminimalkan virus untuk berkembang biak karena akan terpapar oleh sinar matahari.

Namun, ketika pancaroba atau peralihan, maka akan semakin berkambang biak karena dia hidup di daerah lembab. Jadi harus sering sering berjemur dibawah sinar matahari pagi agar kekbealan tubuh kuat.

“Virus Covid-19 menurut yang saya baca di artikel kesehatan, kebanyakan menyerang orang paruh baya karena notabene organ tubuh yang dimilikinya pada usia tersebut sudah melemah. Kalau tidak diimbangi dengan olahraga, makan, akan loyo akhirnya mudah terserang virus” tuturnya.

Oleh karena itu, ditubuh kita ada bakteri baik dan bakteri jahat, virus itu bisa dimakan oleh bakteri baik sehingga tidak sampai reproduksi.

“Namun karena virus covid 19 ini sepertinya kuat, jadi bagaimana caranya agar tubuh kita ini harus lebih kuat menangkal virus itu salah satunya dengan keberadaan bakteri baik. Keberadaan bakteri baik itu dijaga dengan asupan sayur dan buah yang cukup, olahraga seimbang, minum air, dan tidak stress,” pungkasnya. Wahyu Murti