Home Kabar Agama Lidah Buaya Ada Didalam Hadits Nabi

Lidah Buaya Ada Didalam Hadits Nabi

0
323
Ira Susantie Guru Ismuba Saat Membuat Hand Sanitizer

Alam semesta ini telah dilengkapi Allah dengan berbagai jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk manusia. Baik itu sebagai kebutuhan pangan dan obat-obatan. Telah banyak nama tanaman yang disebutkan didalam alqur’an maupun hadits. Tentunya tanaman-tanaman itu pasti memiliki keistimewaan tersendiri dari tanaman lainnya. Diantaranya adalah: Buah Tiin, zaitun, kurma, anggur, delima, jahe, daun bidara maupun lidah buaya. Tanaman lidah buaya atau Aloe Vera yang dalam bahasa Arab disebut Shabir ( pahit) pernah dipakai obat ketika zaman Nabi Muhammad SAW. 

Lidah buaya merupakan tanaman yang istimewa karena diabadikan di dalam sebuah hadits Shohih Muslim Bab Hajj :

عَنْ نُبَيْهِ بْنِ وَهَب خَرَجْنَامَعَ أَبَان بْنِ عُثْمَانِ حَتَّى إِذَا كُنَّابِمِلَلِ إَشْتَكَى عُمَرُبْنُ عَبْدِ اللهِ عَيْنَيْهِ.

فَلَمَّاكُنَّابِالرَّوحَأ إِشْتَدَّ وَجْعُهُ,فَأَرْسَلَ إِلَيْهِ أَنْ اضْمِدْهُمَابِالصَّبِرِ.فَإِنَّ عُثْمَانُ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ حَدَّثَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِى الرَّجُلِ إشذَا اشْتَكَى عَيْنَيْهِ وَهُوَ مُحْرِمٌ ضَمَّدَهُمَابِالصَّبِرِ.

Dari Nubaih bin Wahb berkata: Kami pernah keluar bersama Aban bin Utsman sampai ketika kami berada di Milal ( nama tempat) Umar bin Ubaidillah mengeluhkan kedua matanya. Ketika kami di Rauha’ sakitnya semakin parah. Sehingga beliau mengutus seseorang kepada Aban bin Usman untuk bertanya kepada beliau. Abanpun berpesan kepadanya agar membalut kedua matanya dengan shabir ( lidah buaya) Karena Ustman bin Affan pernah bercerita dari Rasululloh ada seorang laki-laki yang mengeuhkan kedua matanya sakit ( bengkak) ketika ihrom lalu membalutnya dengan shabir  atau lidah buaya ( HR: Muslim)

Tanaman ini banyak tumbuh di lingkungan sekitar yang mana masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai obat penyubur rambut. Namun sebenarnya tanaman ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia sebagai antiseptic,obat luka, masker untuk wajah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Seperti halnya yang dilakukan Tim KIR( Karya Ilmiah Remaja) SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo  pada Kamis, 19 Maret 2020 , mereka membuat Hand Sanitizer dari ekstrak lidah buaya ( Aloe Vera) sebagai alat antiseptic di tengah maraknya wabah virus corona yang menyerang penduduk dunia di berbagai negara. Pembuatan hand sanitizer atau antiseptic ini berasal dari  tanaman lidah buaya yang dikumpulkan oleh para guru dan siswa yang memiliki tanaman di halaman rumahnya. Kemudian dicampur alkohol dengan kadar 96 %, gliserol untuk melembutkan tangan dan essense untuk pewangi. Proses pembuatannyapun cukup mudah dilakukan di Laboratorium Kimia SMAMITA dengan cara lidah buaya dicuci bersih, diambil dagingnya, diblender dan disaring. Didiamkan 5 menit sampai busanya hilang kemudian dicampur dengan bahan-bahan tersebut.

Dalam satu hari Smamita mampu membuat 70 liter Hand Sanitizer yang langsung diborong oleh ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sidoarjo Bapak Mashud, SM yang  rencananya akan dibagikan ke masjid-masjid di wilayah sidorjo yang bekerja sama dengan Lazismu. Dan dibagikan ke masjid, musholla dan sekolah di wilayah Sepanjang. Kegiatan ini dilakukan sebagai amal bhakti kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan lingkungan guna mencegah virus Corona yang saat ini menyerang dunia. Sehingga umat muslim lebih aman dalam beribadah sebagai ikhtiar untuk menghindari virus tersebut.

Penulis: Ira Susantie