Oleh : Nadjih Ihsan, alumni Kepala Smamita

Saya membaca postingan tentang kata CORONA, yang di anggap sudah di jelaskan dalam Al-quran surah al-Ahzab ayat 33.

Al-quran surah al-Ahzab ayat 33 itu QORNA, bukan CORONA,

CORNA dalam al-Ahzab itu, kata yang bermakna perintah, atau fi’il amar, فعل الأمر untuk istri istri Rasulullah, agar berdiam diri di rumah.

Sedangkan QORONA, adalah jenis virus yang jika menular bisa berakibat fatal, karena penularannya yang cepat, dan menyerang paru manusia. Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan Cina, kemudian menjadi pandemi global.

QORNA yang ada dalam Al-quran surah al-Ahzab ayat 33 itu, ada hubungan nya dengan ayat yang ke 32, keduanya saling berhubungan.

Kedua ayat itu penjelasan Alloh swt tentang istri-istri Rasulullah.

Istri istri Rasulullah itu tidak sama dengan istri para sahabat atau orang mukmin, ada banyak macam aturan dalam ayat itu, termasuk berdiam diri di dalam rumah
و قرن في بيوتكن
yang dimaknai tinggal di rumah.

Hai istri istri Nabi, kamu tdk seperti perempuan perempuan lain, jika kamu bertaqwa. Maka janganlah kamu tunduk atau melembut lembutkkan suara, dalam berbicara sehingga bisa membangkitkan nafsu orang yang dihatinya ada penyakit, dan ucapkanlah perkataan yang baik al-Ahzab 32.

Dan hendaklah kamu tetap dirumah mu (وقرن في بيوتكن ) dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang orang jahiliyah dahulu, dan kerjakan solat, tunaikan zakat, dan taatilah Alloh dan Rasulnya. Sesungguhnya Alloh swt bermaksud menghilangkan dosamu wahai ahlul bait, dan membersihkan kamu sebersih bersih nya al-Ahzab 33.

CORNA dalam Al-quran itu, tidak ada hubungan nya dengan tinggal di rumah yang sekarang ini sedang dianjurkan, karena ada pandemi corona.

Adapun memperhatikan keluarga yang dirumah itu benar, dan syar’i, agar rumah bisa di jadikan bagian dari surga, bahkan rumah juga harus difungsikan sebagai tempat ibadah.

Janganlah dijadikan rumahmu seperti kuburan, tidak pernah difungsikan sebagaimana masjid

لاتجعلوا بيوتكم قبورا ولا تجعلوا قبري عيدا وصلوا علي فإن صلاتكم تبلغني حيث كنتم : وراه ابو داود عن أبي هريرة.

Saya tidak mengerti, mengapa ada tulisan yang mengaitkan kata QORNA, dalam ayat tsb. dengan pandemi VIRUS CORONA,

Al-quran itu bukan buku ilmiah, tapi diatas Al-quran bisa dikembangkan teori teori ilmu pengetahuan.

Itu CORNA, bukan CORONA.
Wallohu’alam.

Sepanjang, 27/3/2020.