Oleh: Nadjih Ihsan alumni Kepala Smamita

Salah satu kebiasaan jahiliyah adalah memohon kepada selain Alloh سبحانه وتعالى

Tauhid dengan konsep syahadat membebaskan manusia dari Tuhan banyak

Tauhid bukan hanya percaya akan adanya Alloh سبحانه وتعالى , tapi Tauhid itu mempercayai Alloh سبحانه وتعالى sebagai satu satunya Tuhan yang berhak untuk diibadahi/ لا معبود بحق الا الله

Ketika Rasulullah menegur kebiasan jahiliyah yang memohon kepada orang orang yang telah wafat, mereka menjawab: kami tidak menyembah mereka, akan tetapi kami berharap agar mereka mendekatkan kami kepada Alloh سبحانه وتعالى dengan sedekat dekat nya

ما نعبدهم الا ليقربونا الي الله زلفي, [الزمر : ٣]

Inilah masalah terbesar yang ditentang oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم , lalu beliau datang membebaskan mereka dari belenggu Tuhan banyak menuju Tuhan yang satu / اله واحد.

Inilah yang membedakan antara orang orang mukmin muwahid مؤمن موحد mukmin yang sangat meng Esakan Alloh سبحانه وتعالى Dengan orang orang kafir.

Dan inilah dakwah utama, yaitu dakwah Tauhid para Nabi dan para Rasulullah, maka dakwah ini menjadi wajib bagi setiap orang yang beriman.

Dan perangilah mereka, sampai tidak ada lagi fitnah”[syirik] dan supaya agama itu semata mata untuk Alloh سبحانه وتعالى. al – Quran surah ; al-Anfal 39.

Jahiliya tidak memandang الله سبحانه وتعالى وتعالى sebagai satu satunya dzat yang berhak disembah.

Sedangkan Tauhid mengembalikan hak الله سبحانه وتعالى, Untuk ibadah dan tidak berbuat syirik.

Dengan demikian sebenarnya syahadat saja tidak cukup, harus dibarengi dengan tidak syirik Wallohu’alam.