Pesan Kasek Smamita Sambut Ramadhan 1441 H

Untuk menyambut datangnya Bulan Ramadhan 1441 H yang berada ditengah wabah Covid-19, Drs. Zainal Arif, kepala SMA Muhammadiyah 1 Taman – Sidoarjo (Smamita) memberi sambutan pesan moral kepada Bapak Ibu Wali Siswa serta Siswa Siswi Smamita. Berikut isi sambutannya.

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh.

Alhamdulillahirrabbil alamiin. Asyhadualla ilahaillalah, waasyhaduanna Muhammad Rasuulullah.

Yang saya hormati, Bapak Ibu Orang Tua Wali Siswa SMA Muhammadiyah 1 Taman – Sidoarjo (Smamita), serta Anak-anakku siswa-siswi Smamita yang dirahmati oleh Allah SWT.

Segala puji bagi Allah Ta’ala, pada hari ini kita masih senantiasa berada dalam lindungan, bimbingan dan naungan-Nya, sehingga kita dapat menunaikan amal ibadah sebagai wujud konsekwensi kita diciptakannya manusia oleh Allah Ta’ala. Shalawat serta salam semoga senantiasa Allah limpahkan kepada uswah hasanah kita, Nabi Muhammad SAW., yang telah membawa kita dari alam kekufuran menuju alam keimanan

Berbuat Baik adalah Amal Saleh

Bapak ibu, serta anak-anakku semua, berbuat baik, amal saleh adalah amal muslim yang disuruh melakukannya sepanjang waktu. Salah satu kebiasaan seorang muslim yang sangat baik adalah, bahwa dibulan Ramadhan mereka banyak melakukan amal saleh, mengisi berbagai macam kegiatan, seperti do’a, shalat malam, dzikir, tadarus, mendengarkan ceramah agama, baik langsung maupun melalui media elektronik. Bukan hanya itu, Ramadhan pun banyak dipakai sebagai media pendidikan.

Ramadhan 1441 H telah Tiba

Bapak ibu wali siswa, serta anak-anaku Smamita, malam ini, Kamis (24/4/2020) yang bertepatan dengan tanggal 30 Sya’ban 1441 H, kita memulai melaksanakan ibadah shalat tarawih. Biasanya, kita berbondong-bondong menuju Masjid atau Mushollah, bersama ayah, ibu, kakek, nenek, anak, kakak, adik, atau kerabat kita tercinta.

Tarawih di Rumah

Sesuai dengan anjuran Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Menteri Agama Republik Indonesia terkait ibadah dibulan Ramadhan ini, kita melaksanakan di rumah karena Covid-19. Shalat Tarawih dirumah, Tadarus Al-Quran dirumah. Mari, hal ini kita jadikan momentum untuk mempererat kualitas ibadah kita bersama keluarga.

Bukan hanya itu, ayah yang biasanya sebagai imam shalat tarawih, mungkin kali ini anak-anak Smamita yang menggantikan sang ayah untuk menjadi imam shalat di rumah. Ketika putranya menjadi imam shalat, ayah, ibu dan adik atau kakak perempuan menjadi makmumnya. Itulah harapan kita semua mewujudkan Baiti Jannati.

Tadarus di Rumah

Setelah itu, keluarga bisa melanjutkan aktifitas tadarus Al-Quran secara bergantian dengan anggota keluarga dirumah. Ini momentum anak-anak siswa Smamita menjadi insan yang terbaik dan mulia. Bagaimana tidak, begitu senang dan bangganya jika ayah dan ibu, setelah menjadi makmum shalat, kemudian mendengarkan putra-putrinya ber-Tadarus Al-Quran bersama.

Semoga Orang Tua Wali Siswa Diberi Kesehatan

Sekali lagi, mari kita jadikan bulan Ramadhan ini sebagai momen untuk menempa diri menjadi Muslim yang Mutaqien, dengan terus menerus memperbarui dan menyempurnakan kesalehan spiritual dan Sosial yang dipenuhi kebajikan hingga menjadi manusia paripurna.

Semoga, wabah Covid-19 ini segera selesai, dan keadaan menjadi kondusif. Untuk anak-anakku Smamita, semoga Allah Ta’ala dapat mempertemukan kita kembali pada aktifitas seperti biasa di sekolah tercinta. Untuk bapak ibu wali siswa, selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1441 H, semoga kita semua selalu diberi kesehatan oleh Allah.

Wassalamualaikum warohmatullah wabarokatuh.

Kepala Smamita

Drs. Zainal Arif F.

Berikut Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 H Smamita menurut Pimpinan Pusat Muhammadiyah.