Drs. H. Nadjih Ihsan

Sebagai umat Islam, senang dan bangga jika diantara kita aktif membaca Al Quran terutama di Bulan Ramadhan. Pada Ramadhan ke5 kali ini, Kyai Nadjih Ihsan, Alumni kepala SMA Muhammadiyah 1 Taman menyampaikan, kenapa kita membaca Al Quran. Berikut penuturannya.

Al-quran adalah kitab suci umat Islam, sebagai petunjuk dalam kehidupan mereka.


Al-quran itu Arabiyuun lughotan, ‘alaiyyun maknan bahasanya saja Arab, tapi maknanya terkandung banyak aspek kehidupan manusia.

Pertama, membaca Al-quran secara hukum, yaitu dengan membenarkan kabar kabar yang tercantum didalamnya, dan menerapkan hukum hukum nya, dengan melaksanakan segala perintah Nya dan menjauhi larangan Nya. Adapun tilawah secara lafazh, yaitu dengan membacanya saja

Kedua, orang yang mahir membaca Al-quran, akan bersama para malaikat yang mulia, sedangkan orang yang terbata bata membacanya, akan mendapat dua pahala.

الماهر بالقرآن مع السفرة الكرام البررة، والذي يقرأ القرآن ويتتعتع فيه وهو شاق له أجران، الحديث : في الصحيحين

orang yg mahir membaca Al-quran akan bersama rombongan malaikat yg mulia lagi terpuji, Dan orang yg terbata bata dan sulit membacanya mendapatkan dua pahala

Ketiga, Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم mengumpamakan orang Islam yg membaca Al-quran seperti buah jeruk, dan orang Islam yg tidak membaca Al-quran seperti buah kurma.

Jeruk/ الاترجه itu baunya harum dan rasanya manis, sedangkan kurma/ التمرة tidak berbau tapi rasanya manis.

Keempat, membaca satu huruf saja mendapat kebaikan, dan setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipat.

من قرأ حرفا من كتاب الله فله به حسنة، والحسنة بعشر أمثالها، لا أقول آلم حرف ولكن الف حرف ولام حرف وميم حرف، الحديث : رواه الترمذي

Siapa yang membaca satu huruf dari Kitabulloh, maka ia mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan bahwa alif laam miim itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, laam satu huruf, dan miim satu huruf.

Kelima, sebaiknya kita punya program, berapa surat, atau berapa juz, atau berapa kali kita khatam membaca Al-quran selama Ramadhan tahun ini.

(Sepanjang, 5 Ramadhan 1441 H /28 April 2020 H)