Saturday, November 28, 2020
Home Humas Kyai Dahlan Diberi Modal Dagang

Kyai Dahlan Diberi Modal Dagang

Dalam buku Kyai Sudja’, Murid K.H. Ahmad Dahlan menceritakan ketika kyai Dahlan diberi modal untuk berdagang, seperti yang ditulis dalam buku Islam Berkemajuan, Kisah Perjuangan K.H. Ahmad Dahlan dan Muhammadiyah Masa Awal.

Kurang lebih satu tahun sepulangnya H.A Dahlan dari Mekkah, K.H. Abubakar sebagai ayah yang kasih sayang kepada putranya, maka dengan ikhlas dan hati dan cinta kasihnya, berkenan memberi modal hidup untuk berdagang kepada H.A. Dahlan dan mbakyunya (Nyai H.M Shaleh) masing-masing f 500 (lima ratus rupiah) sampai f 1000 (seribu rupiah).

Tentu saja dua putra dan putri sama gembira menerima modal hidup daripada orang tua yang saleh dan terhormat sebesar itu.

Nyai H. Shaleh dengan modal f 500 (lima ratus rupiah) lalu diserahkan kepada suaminya untuk menambah modal dagangannya yang telah berjalan sebagai took barang gambricht dan sebagian kecil kitab-kitab Arab dan Al-Quran dan lain-lain.

Sedang H.A. Dahlan, modal hidup itu sebagian banyak dibelikan kitab-kitab yang dipandang perlu buat dirinya. Soal dagang untuk hidup duniawi bukan soal yang paling prinsip buat H.A Dahlan, tetapi dagang yang kekal dan zonder rugi serta untuk dan abadi sampai di hari nanti.

Demikianlah pikiran dan cita-cita K.H.A. Dahlan sejak dahulu.
Editor: Emil

- Advertisment -

Most Popular

Ajarkan Makna Berkurban, SMA Muhammadiyah Gelar Penyembelihan Hewan

Penyembelihan hewan kurban sudah menjadi rutinitas umat islam pada hari Raya Idul Adha, tak terkecuali SMA Muhammadiyah 1 Taman (Smamita). Jumat, 31 Juli...

Smamita Ciptakan Generasi Penghafal Al Quran Melalui Kelas Tahfidz

Dengan penuh ucapan rasa syukur, SMA Muhammadiyah 1 Taman (Smamita) Sidoarjo, terus mengembangkan potensi yang ada baik inovasi maupun kreatifitas. Tahun Pelajaran...

Milad 57 Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Milad ke 57 Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah Oleh M. Muad Sahlan Perguruan Seni...

Asal Mula Idul Adha

Oleh : Ira Susantie, S.Pd.I Setiap tahun umat muslim memperingati hari raya Idul Adha. Meskipun saat ini wabah corona...