H. Husnul Khitam, S.Pd, saat pimpin Doa Wisuda Smamita Tahun 2017 (Dok. Kholidah Smamita)

Berikut adalah penuturan tentang pak Husnul Khitam (alm), Kepala SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo (Smamita) periode 2002-2010, oleh Kyai H. Nadjih Ihsan.

Pak Husnul Khitam (alm), lama sekali jadi wakil kepala sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Sepanjang itu, mulai tahun 1984 ketika saya jadi kepala sekolah itu sampai 2002. Sehingga saat itu ada 3 orang ya motori di Smamita itu. Saya, pak Husnul Khitam, dan bapak Abdur Rochim. Urusan Ebtanas, sarana prasarana, urusan kurikulum, itu bisa ditekel tiga orang itu, plus pak Soleh berikutnya, almarhum, guru saya juga itu.

Jadi berempat, tapi yang sangat lama berkesan itu dengan pak Husnul dan pak Rochim, karena sangat berdekatan dan gampang berkomunikasi-nya. Urusan mulai daftar Unas (Ujian Nasional) itu masih diketik secara manual daftar Unasnya itu, kemudian diperiksa satu persatu, dicocokkan antara daftar UNAS-nya Itu dengan ijazahnya para siswa itu satu persatu, namanya, tempat tanggal lahirnya, dicocokkan semuanya itu diurusin bertiga. Saya pak khusnul dan pak Rochim, mulai 1984 sampai 2002.

Pak Husnul lebih banyak berfokus di keuangan dan sarana prasarana, tentu saja waktu itu percepatan pembangunan tidak seperti sekarang. Saya bersyukur sekali, tapi itulah saat itu tahu 80-an.

Dan lebih mempermudah berkomunikasi lagi saat itu adalah transportasinya ke mana-mana. Pak Husnul punya mobil, sehingga kita bertiga itu urusan ngambil ijazah, urusan nulis ijazah, urusan macam-macam itu bertiga, dengan begitu saya akrap betul dengan pak Husnul maupun pak Rochim.

Baru kemudian tahun 2002 ketika saya meninggalkan SMA, kepala sekolahnya pak Husnul, sampai 2010, itu pak Husnul menjadi kepala sekolah. Setelah 2010 dan beberapa tahun jadi guru lalu pensiun, sekitar tahun 2013-2014. #Humas Smamita