H. Husnul Khitam, S.Pd, saat pimpin Doa Wisuda Smamita Tahun 2017 (Dok. Kholidah Smamita)

Berikut adalah penuturan tentang pak Husnul Khitam (alm), Kepala SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo (Smamita) periode 2002-2010, oleh Kyai H. Nadjih Ihsan.

Yang terkesan bagi saya selama bergaul sekian puluh tahun dengan pak Husnul itu. Yang pertama adalah orangnya jujur. Jadi pembukuannya rapi, sehingga koperasi ini yang awal merintis membukukan-nya dengan rapi itu ya pak Husnul. Kalau tidak salah pak Husnul nomor induk koperasinya itu nomor dua, dan saya nomor satu.

Jadi saya memang harus belajar tentang kejujuran-nya pak Husnul ini yang menonjol itu begitu. Satu rupiah itu aja beliau tulis betul pengeluaran uang dan sebagainya. Sehingga saya sebagai kepala sekolah selama 18 tahun itu, merasa terbantu betul dengan pekerjaannya pak Husnul karena kejujuran itu.

Yang kedua adalah orangnya bersahaja, apa adanya, sebagai guru profesional, sampai memperoleh sertifikasi guru, beliau tidak niko-neko hidupnya. Kemudian karena kejujuran itu tadi nampak kebersahajaan-nya itu.

Kemudian yang ketiga yang bisa saya ambil dari pak Husnul ini adalah tekun. Jadi kalau sudah kadung ngetik waktu ketik manual sepertinya tidak bisa diganggu siapa-siapa. Diketik sendiri semuanya, sampai pada ada masa komputer itu diketik sendiri semua oleh pak Husnul. Jadi, kalau tekun bekerja itu saya maknai kalau tidak tuntas, tidak berhenti, pak Husnul itu. Dan dari situlah, kemudian saya merasa sangat terbantu, SMA Muhammadiyah (Smamita) sangat terbantu, ya dengan adanya pak Husnul itu.

Kemudian berikutnya adalah ya saya rasa karena keluarga yang sangat religius, agamis, beliau itu orang yang sangat tekun didalam beribadah. Dan yang lebih menonjol lagi familiar orangnya, enak bergurau sama kita-kita. #Humas Smamita