Mudahnya Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Di KB SAMSAT Krian

Meningkatnya kesadaran masyarakat Sidoarjo dalam memenuhi kewajibannya membayar pajak kendaraan bermotor nampak dalam aktifitas harian di Kantor Bersama Satuan Manunggal Satu Atap  (KB SAMSAT) Krian, Sabtu 25/7/20.  Tentunya hal ini makin memberi semangat bagi semua elemen yang berada di instansi tersebut untuk terus meningkatkan layanannya baik staf Dishub maupun anggota Kepolisian yang ditugaskan di kantor tersebut. Apalagi pengetahuan pajak sebenarnya sudah ada di bangku sekolah. Kata-kata pajak dapat diperoleh di sub-bab buku mata pelajaran IPS termasuk di SMA Muhammadiyah 1 Taman. Istilah pajak dikenal oleh banyak siswa-siswi melalui buku maupun pengajaran guru. 

Dalam pantuan kontributor Smamita.sch.id di lokasi KB SAMSAT Krian menunjukkan dinamisnya masyarakat dalam membayar pajak. Mereka sabar mengantri pembayaran pajak dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah wabah Covid 19.

Ada beberapa kategori aktifitas pelayanan di KB SAMSAT Krian diantaranya Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pengesahan STNK tahunan, Registrasi Kendaraan dan Perubahan Nomor Polisi 5 tahunan, Proses Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Kendaraan Baru (BBN 1), Proses ganti kepemilikan kendaraan bermotor (BBN 2), Proses Mutasi Kendaraan Bermotor baik dari luar (mutasi masuk) maupun yang akan ke luar (mutasi keluar), Pencetakan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) / bukti pembayaran PKB setelah melakukan pembayaran di E-Samsat dan Pencetakan STNK duplikat karena kehilangan STNK yang lama.

Pelayanan di KB SAMSAT Krian

Untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan bisa melalui loket SAMSAT Walk Thru. Menurut keterangan dari salah satu wajib pajak yang telah membayar pajak melalui loket Walk Thru terbilang cepat.  “Kalau seperti ini memang lebih cepat dari pada harus masuk. Kita daftar langsung bayar, jadinya lebih mudah, saya cukup mengantri 10 menit,” kata Danu wajib pajak asal Kecamatan Prambon.

Ia menambahkan dengan waktu singkat, sudah selesai proses membayar pajak kendaraan. Keberadaan SAMSAT Walk Thru juga mengurangi kepadatan wajib pajak yang berada di dalam kantor SAMSAT, dan  tidak jenuh antri di ruangan.

Sedangkan untuk pelayanan selain pajak tahunan maka harus dilakukan di dalam ruangan KB SAMSAT. Seperti Pelayanan Registrasi Kendaraan dan Perubahan Nomor Polisi 5 tahunan yang dimulai dari pengecekan fisik kendaraan,  pengisian formulir, pembayaran pajak hingga diterbitkannya BPKB dan Nopol Kendaraan Baru harus dilakukan di dalam ruangan dan membutuhkan waktu 45 menit.

Rico salah satu wajib pajak yang mengurus perubahan nomor polisi 5 Tahunan mengungkapkan pelayanan di KB SAMSAT Krian terbilang mudah. “Saya selalu mengurus pajak kendaraan motor disini karena saya berasal dari Balong Bendo. Dan lagi pelayanannya cepat dan mudah” ucap Rico.

Sementara itu salah satu petugas SAMSAT,  Nu’Man mengatakan jika KB SAMSAT Krian mengedepankan profesionalisme dalam hal memberikan pelayanan terhadap masyarakat. “Secara cekatan petugas yang berada di bagian masing-masing, dapat bekerja secara maksimal sehingga layanan terasa begitu cepat dan memberi kepuasan pada masyarakat. KB SAMSAT Krian khusus melayani pajak kendaraan untuk Wilayah Kecamatan Krian, Wonoayu, Tarik, Taman, Tulangan, Sukodono, Balongbendo, Prambon” Ujar Numan. (wah)