Wednesday, November 25, 2020
Home Kabar Umum Milad 57 Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Milad 57 Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Milad ke 57 Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Oleh M. Muad Sahlan

Perguruan Seni Beladiri Indonesia Tapak suci Putera Muhammadiyah atau lebih dikenal dengan Perguruan Pencak Silat Tapak Suci merupakan salah satu organisasi otonom Persyarikatan Muhammadiyah yang mempunyai motto ‘Dengan Iman Dan Akhlak Saya Menjadi Kuat, Tanpa Iman Dan Akhlak Saya Menjadi Lemah.


Pencak Silat Tapak Suci berasas Islam, bersumber pada Al Qur’an dan As-Sunnah, berjiwa persaudaraan dilahirkan di Kauman Yogyakarta pada tanggal 31 Juli 1960 telah ditetapkan menjadi organisasi otonom yang ke 11 di Persyarikatan Muhammadiyah pada saat sidang tanwir Muhammadiyah pada tahun 1967 karena dianggap mampu dijadikan sebagai wadah pengkaderan Muhammadiyah.


Tapak Suci termasuk dalam 10 perguruan Historis IPSI, yaitu perguruan yang menunjang tumbuh dan berkembangnya IPSI sebagai organisasi induk Pencak Silat Indonesia.Tepat 57 tahun yang lalu. Tapak Suci dilahirkan ke dunia ini untuk membentuk insan yang berkarakter, pesilat yang beriman dan berakhlak mulia. Begitu berat beban yang dipikul oleh Tapak Suci dalam melaksanakan tujuan mulia perguruan serta induk persarikatan Muhammadiyah untuk menjadikan kader Tapak Suci menjadi kader persyarikatan yang tangguh sehingga bisa menjadi manusia Islam yang seutuhnya untuk bisa melakukan amal ma’ruf nahi mungkar.


Banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Tapak Suci termasuk tapak suci Smamita. Saat ini Pimpinan Pusat Tapak Suci Tapak Suci Putera Muhammadiyah mulai bergerak untuk menyiapkan perekaman Big Data keanggotaan Tapak Suci di seluruh dunia. Perekaman Big Data ini dianggap penting dilakukan terutama untuk memetakan jumlah pelatih, siswa, hingga penyelarasan kualitas, kurikulum dan potensi perguruan.


Dengan membawa ruh Islam, diperkirakan dua juta anggota Tapak Suci yang tersebar di seluruh dunia berpotensi terus bertambah. Apalagi setelah UNESCO menetapkan pencak silat sebagai Warisan Budaya Tak Benda pada sidang ke-14 IHC di Bogota, Kolombia 9-14 Desember 2019. Bukti itu sangat nampak pada saat Kejuaraan Dunia Tapak Suci pertama di Solo tahun lalu peserta yang hadir sejumlah 845 orang dari 14 negara. ‘Ini menunjukkan bahwa Tapak Suci sangat disukai di luar negeri,’ ungkap Ketua PP Tapak Suci H.M. Afnan Hadikusumo, P.Ka yang merupakan cucu dari H. Djarnawi Hadikusumo.


Jayalah Tapak Suci, diusia yang semakin senja semakin nampak kiprahmu dalam membentuk generasi muda yang tangguh dan berakidah Islam yang kuat. Kau torehkan prestasimu dalam mengembangkan organisasi sampai di tingkat internasional yang berarti turut mengambangkan amar ma’ruf nahi mungkar menyebarkan ruh ruh islam ke negera negera eropa. Turut mengenal Islam yang damai dan berkepribadian.


Selamat Milad ke 57 Perguruan Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci Putera SMA Muhammadiyah 1 Taman, semoga bisa menjadi kader Muhammadiyah dan bangsa yang turut dalam mengembangkan jati diri bangsa menuju Indonesia yang berkemajuan.

- Advertisment -

Most Popular

Ajarkan Makna Berkurban, SMA Muhammadiyah Gelar Penyembelihan Hewan

Penyembelihan hewan kurban sudah menjadi rutinitas umat islam pada hari Raya Idul Adha, tak terkecuali SMA Muhammadiyah 1 Taman (Smamita). Jumat, 31 Juli...

Smamita Ciptakan Generasi Penghafal Al Quran Melalui Kelas Tahfidz

Dengan penuh ucapan rasa syukur, SMA Muhammadiyah 1 Taman (Smamita) Sidoarjo, terus mengembangkan potensi yang ada baik inovasi maupun kreatifitas. Tahun Pelajaran...

Milad 57 Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Milad ke 57 Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah Oleh M. Muad Sahlan Perguruan Seni...

Asal Mula Idul Adha

Oleh : Ira Susantie, S.Pd.I Setiap tahun umat muslim memperingati hari raya Idul Adha. Meskipun saat ini wabah corona...