Bahtiar saat mendapat gelar guru berprestasi

Keunggulan sekolah SMA Muhammadiyah 1 Taman (SMAMITA) sudah tidak diragukan lagi. Baik dalam fasilitas, pelayanan, maupun tenaga pengajar. Tidak hanya itu, para peserta didik SMAMITA juga telah meraih banyak prestasi. Hal tersebut bukan hanya karena siswa-siswi SMAMITA yang terbukti memiliki potensi, namun juga kontribusi para guru SMAMITA dalam mendidik siswa dan siswinya.

Tidak lama ini, Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur telah menetapkan salah satu guru Smamita sebagai guru berprestasi. Ia adalah Bachtiar Adi Saputra, S.Pd. Selain mengajar dalam mata pelajaran biologi, beliau juga menjadi pembimbing di ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMAMITA. Guru yang kerap dikenal dengan sifat ramah dan suka tersenyum tersebut telah membimbing para siswa-siswi SMAMITA dalam berbagai perlombaan, dari kancah nasional sampai internasional.

Dalam mendidik siswa-siswinya hingga mendapat banyak kemenangan dalam berbagai perlombaan, Bachtiar memiliki upaya tersendiri, yaitu melatih siswa dan siswinya dengan sepenuh hati. “Melatih siswa dan sisiwi sepenuh hati dimana pikiran dan keinginan sebagai guru bisa menyatu dengan semangat perjuangan para siswa dan siswi.” Ungkap Bachtiar.

“Caranya dengan lebih banyak meluangkan waktu untuk cerita dan diskusi dengan mereka tentang berbagai hal yang kiranya perlu atau bisa dikembangkan.” Imbuhnya.

Ditetapkannya Bachtiar sebagai guru berprestasi adalah hal yang sangat berarti baginya. Ia merasa senang sekaligus menganggap hal itu sebagai hadiah penutup di akhir tahun. “Senang dan menjadi hadiah penutup di akhir tahun setelah setahun penuh anak-anak berjuang dan akhirnya mendapat prestasi sekarang ganti pembimbingnya yang mendapat hadiah sebagai guru berprestasi.”

Selain mengungkapkan upaya dan perasaannya sebagai guru berprestasi, Bachtiar juga memberi pesan bagi siswa dan siswi SMAMITA. Guru Biologi tersebut meminta para siswa dan siswi mewujudkan impian mereka dalam karya nyata. “Renungkan hal yang kalian sukai dan wujudkan dalam karya nyata yang bisa membawa kebaikan bagi masa depan kalian serta bisa menjadi sumber bahagia bagi sekitar.” Pesannya.

Penulis Rahma Meidiana (XI IPA 4)