Dari kiri: Zainal Arif, Abdul Kholis, dan Ernesta Dwi Winasis

SMAMITA – Perkembangan yang sangat luar biasa terjadi di SMA Muhammadiyah 1 Taman (Smamita) ini, lebih dari tiga kali ke sini. Hal itu disampaikan oleh Ernesta Dwi Winasis, M.Pd, saat lakukan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS), Kamis (21/1/2021) siang.

Ini, sambungnya, tentu karena manajemen dan kompetensi kewirausahaan yang luar biasa dari seorang Kepala Sekolah. Untuk membangun gedung yang megah ini, tentunya dengan perjuangan yang sangat keras, dari lantai dua hingga lantai delapan.

Dia menuturkan, dari seluruh isi instrumen PKKS tersebut, ada perubahan dalam prestasi di sekolah. “Ada prestasi akademik dan non akademik, baik dalam maupun luar negeri. Terdapat perubahan yang sangat signifikan,” tuturnya.

Ibu yang akrab di panggil bu Ernes ini juga mengakui, bahwa guru senior di Smamita bisa mengikuti perkembangan teknologi yang super cepat seperti sekarang ini. “Guru yang senior-pun ternyata juga tidak kalah hebatnya dalam penggunaan teknologinya,” ungkapnya saat diwawancarai Humas Smamita.

Baginya, ini semuanya karena manajemen seorang Kepala Sekolah yang hebat. “Saya sangat salut dan bangga,” katanya.

Dia berharap, mudah-mudahan Best Practices yang sudah dilakukan oleh kepala Smamita bisa ditulis, dan kemudian dipulikasikan. Karena ada kompetensi sosial untuk berbagi kehebatan beliau.

“Sekali lagi, kedepan semoga lebih siap, dan selalu sukses,” ungkapnya.

Sementara, Abdul Kholis, S.Pd., M.Pd., pengawas PKKS juga memberikan komentar senada.

SMA Muhammadiyah 1 Taman keren. Semua yang ada di delapan Standart Nasional Pendidikan, semuanya baik. Tinggal, perlu peningkatan inovasi-inovasi kedepannya guna menunjang perkembangan lain untuk dilanjutkan.

Dari mulai standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, pengelolaan, standar pembiayaan pendidikan, serta standar sarana dan prasarana, harus dilanjutkan yang sudah hebat.

“Teman-teman yang ada di Smamita, harus lebih unggul lagi, lebih hebat lagi, ayo kita tingkatkan prestasinya. Itu apresiasi saya untuk Smamita, luar biasa hebat,” jelasnya.

Diketahui, Drs. Ernesta Dwi Winasis, M.Pd dan Abdul Kholis, S.Pd., M.Pd. adalah pengawas Smamita dalam rangka kegiatan PKKS tahun 2020. PKKS sendiri adalah kegiatan tahunan untuk menilai kinerja Kepala Sekolah. Karena, dari Kepala Sekolah yang profesional, akan dapat merusmuskan sebuah kebijakan yang hebat atas kepemimpinannya.

Selain itu, sebagai pemimpin tertinggi di dalam sekolah, Kepala Sekolah mempunyai tugas yang sangat komplek dalam menentukan maju mundurnya dari sebuah sekolah yang Dia pimpin. Untuk itu, ada beberapa minimal prosedur yang harus dilakukan oleh Kepala Sekolah.

Diantaranya sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan juga sebagai motivator terhadap seluruh komponen yang ada di dalam sekolah tersebut. Emil/Humas