Pembukaan Kajian dan Silaturrahim Smamita

Oleh : Miftahol Jannah. S.Ag, M.Pd

Alhamdulillah kajian dan silaturrahim yang diselenggarakan secara rutin oleh Tim Ismuba SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo pada Sabtu, 27 Februari 2021 dapat telaksana. Kegiatan ini  istiqomah dilakukan dalam mengayomi kebutuhan nilai-nilai Islami untuk semua warga sekolah dan masyarakat sekitar pada umumnya.

Kajian yang sangat menarik dengan tema memotivasi pemuda-pemudi untuk mampu menghadapi tantangan memanfaatkan waktu di masa pandemi yang dijelaskan oleh narasumber yaitu Ustadzah Fatiyah Nur Azizah, M.Pd.I  merupakan salah satu alumnus pasca sarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kajian dengan penjelasan yang ringan, Bahasa sederhana dan menarik bagi siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo.

Di saat kita semua diuji dengan dengan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan, tak luput juga kita semua sedang diuji dalam waktu. Waktu yang juga disebutkan dalam surat Al Ashr yang berarti masa, memiliki makna yang mendalam akan pentingnya bagi kita semua agar dapat menggunakan waktu dengan sebaik mungkin terutama dengan kegiatan-kegiatan yang bernilai ibadah sehingga dapat meningkatkan mutu kita sebagai hamba Allah SWT dengan segala aktivitas atau kegiatan yang selalu bernilaikan ibadah.  

Waktu yang mungkin jika tidak dimanfaatkan dengan baik akan habis hari demi hari, minggu demi minggu, bulan demi bulan bahkan tahun demi tahun. Dengan datangnya ujian bagi seluruh umat manusia yaitu berupa belum selesai dan hilangnya wabah Corona Virus (Covid-19), seakan dapat melupakan kita semua bahwa sejatinya ujian Allah SWT telah datang dan ujian sebenarnya tersebut adalah ujian waktu.

Ujian dimana pentingnya waktu dikala sehat, pentingnya waktu ketika senggang, dan pentingnya segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Pemuda dengan segala kelebihan nikmat berupa waktu dan kesempatan untuk menjadi insan yang lebih baik, bermutu ikut berperan dalam menentukan masa depan bangsa dan peradapan umat manusia. Meskipun banyak para cendekiawan dan ahli mengklasifisikan generasi-generasi yang terlahir berdasarkan waktu dan tahunnya, Islam hadir dengan rumusan dari Kalam yang mulia yaitu Al Qur’an yang menjelaskan esensi-esensi penting tentang waktu yang harus dipergunakan dengan sebaik mungkin.

Penjelasan memanfaatkan waktu bagi pemuda dalam agama Islam sangatlah diperhatikan sehingga mampu mewujudkan generasi-generasi pemuda yang tiada lelah berjuang, sukses diberbagai bidang, pemuda yang selalu terpancar motivasi-motivasi kesungguhan dalam beramal dan kekhusyu’an dalam beribadah.

Tidak lupa dalam Kajian dan Silaturrahim ini selalu menampilkan kesungguhan siswa SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo dengan berlatih menjadi pembawa acara menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan Indonesia, penampilan motivasi public speaking dengan bahasa Inggris serta bakat minat siswa, sehingga menumbuhkan dan mencetak generasi pemuda-pemudi SMA Muhammadiyah 1 Taman  Sidoarjo yang unggul dalam berkarya dan berprestasi tanpa henti.