Sutris, S.Pd., M.Pd. (kanan) pengawas SMA saat verifikasi berkas USP di Smamita bersama Irma Rusdiana, Waka Kurikulum.

Saya melihat begitu indah, pertama kali datang di SMA Muhammadiyah 1 Taman – Sidoarjo (Smamita), dengan kondisi sekolah yang megah, tentunya saya merasa kagum. Begitu saya masuk, di Lobby sekolah sudah terpampang enam kepala sekolah, ini artinya, sudah lama sekolah ini berdiri hingga 6 kali pergantian.

Hal itu disampaikan Pengawas SMA Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Sidoarjo untuk Smamita, Sutris, S.Pd., M.Pd., saat melakukan visitasi pelaksanaan Ujian satuan Pendidikan (USP) di Smamita, Selasa (9/3/2021).

Mantan Kurikulum SMAN 4 Porong – Sidoarjo ini yakin, sekolah sebesar Smamita tidaklah mudah berdiri dengan sendirinya. Itu atas kerja keras para kepala sekolah pendahulunya juga.

Apalagi, Pak Sutris – panggilan akrabnya mengakui, jika ia juga pernah di sekolah Muhammadiyah sebelumnya. Masih ada slogan Muhamamdiyah yang Ia ingat hingga saat ini. Disaat sulit, sloganitu selalu dihidup-hidupkan.

“Hidup-Hidupilah Muhammadiyah, Jangan Mencari Kehidupan di Muhammadiyah,” Ungkapnya menirukan petik Kyai Dahlan, Pendiri Muhammadiyah.

Makanya, lanjut Dia, Smamita bisa sebesar ini, dan diikuti semua sekolah Muhammadiyah akan bisa maju. Mudah-mudahan gedung Smamita ini bisa dibarengi pula dengan prestasi, baik akademik maupun non akademik.

Dia meyakini, dengan wakil kepala sekolah Smamita sebagai pembantu utama yang begitu energik. Mempunyai visi dan misi yang sama dengan pak Zainal sebagai kepala sekolah.

“Sehingga, dengan mudah membawa Smamita ini untuk mencapai apa yang ingin dicita-citakan sebagail leader sekolah Swasta,” harapnya.

Sebelumnya, Ia berkeliling sekolah untuk melihat kelengkapan ujian yang ada di Smamita. Mulai dari Lab, ruang kelas, hingga kelengkapan protokol kesehatan yang ada di sekolah. Tidak terkecuali, Ia sempat diajak untuk naik ke rooftop Smamita melihat sekitar sekolah di lantai 9 yang nampak gedung-gedung tinggi disekitarnya.

Diketahui, pria yang pernah mengabdi di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan dan SMA Muhammadiyah 4 Porong ini adalah pengawas sekolah yang akan membina Smamita terhitung sejak Oktober 2020 lalu. Humas