Siswa smamita saat ujian munaqosah

SMA Muhamamdiyah 1 Taman menggelar Munaqosah al-Qur’an kelas tahfidz X IPA 4 dan kelas tahfidz reguler di sekolah setempat Sabtu, 27 Maret 2021. Jumlah peserta sebanyak 27 siswa dari kelas X IPA 4 dan 35 siswa kelas tahfidz reguler. Dengan jumlah total peserta sebanyak 62 siswa. Ujian Munaqosah dimulai mulai pukul 08.00 s.d selesai. Penguji adalah 3 orang ustadz dan ustadzah dari pondok Pesantren El kisi Mojokerto. Para siswa rata-rata menghafal mulai dari juz 30, 29 dan juz 1. Ada beberapa siswa yang menghafal juz 2, 3, 4, 6 dan 7. Alhamdulillah ujian Munaqosah berjalan dengan baik dan lancar. Siswa juga mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan memakai hand sanitizer. Siswa yang telah menyelesaikan ujian langsung meninggalkan sekolah untuk menghindari kerumunan.

Salah satu siswa Dawwas Inha’ Ulhaq dari kelas XI IPA 3 mengatakan bahwa persiapan untuk munaqosyah ini adalah dengan rajin mengaji. “Persiapannya ya rajin-rajin mengaji, setelah sholat subuh saya i’tikaf dulu minimal sampai dapat lima halaman muraja’ah syukur-syukur dapat setengah juz.” kata Dawwas.

Dawwas juga mengatakan bahwa tidak merasa grogi atau deg-degan untuk menghadapi munaqosah ini. “Kalau deg-degan sih alhamdulillah tidak, karena dulu di pondok sudah sering munaqosah. Cuma deg-degannya itu karena apakah nanti saya bisa amanah menjaga hafalan saya sampai akhir hayat nanti.” tambah Dawwas.

Berbeda dengan Dawwas, Rahmania Izza Maulani dari kelas XI IPS 1 justru merasa deg-degan dalam menghadapi munaqosah ini. “Iya sedikit grogi, karena takut banyak yang salah” begitu kata Rahmania. Untuk persiapannya Rahmania mengatakan bahwa dia melakukan muraja’ah dengan giat, dan sering diulang-ulang hafalannya. “Sering muraja’ah dengan giat, dan sering setelah sholat diulang-ulang hafalannya. ” tutup Rahmania. (Donny/ismuba)