Ramadhan 2021 atau 1442 Hijriah akan segera datang. Sabtu, 27 Maret 2021 diselenggarakan kajian dan silaturrahmi rutin oleh tim Ismuba bersama siswa kelas X IPS 2 dengan tema bekali diri menyambut bulan ramadhan. Kajian ini dibuka oleh MC menggunakan 4 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa inggris  yang disampaikan oleh  Rajwa Safa Kamilah, sedangkan bahasa jawa dan bahas jepang disampaikan oleh Andini Annisazammi, dan tidak lupa diawali dengan  pembacaan ayat suci Al Quran oleh siti Nurjannah dan kultum oleh Dhiaz Putra Perdana.

Kajian ini bersisi tentang 7 hal dalam menyambut ramadhan

1. Berdoa

Cara menyambut bulan ramadan yang penuh barokah. Rasulullah Saw mengajarkan doa sebagai berikut.

                                                                                                 اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

“Ya Allah berkahilah kami pada bulan rajab dan sya’ban, dan sampaikan kami di bulan ramadhan.”

2. Bersyukur

Tidak semua orang bisa beribadah di Bulan Ramadhan. Karena itu, setiap Muslim patut selalu mensyukuri nikmat Ramadhan. Apalagi, banyak keutamaan dan hikmah, baik rohani maupun jasmani, yang didapatkan selama Ramadhan. Adapun salah satu bentuk syukur  yaitu  bersyukur dengan cara membangun rumah fakir miskin, membangun rumah dhuafa, memberi makan, minum dan pakaian, serta memberi infaq dan sedekah.

3.  Memanage atau memaksimalkan  aktivitas di bulan ramadhan

 Salah satu cara untuk memanage aktivitas selama di bulan Ramadhan agar tidak terbuang sia-sia yaitu dengan kegiatan yang lebih bermanfaat untuk diri sendiri dan juga keluarga seperti tilawah alquran, mengikuti kajian dan lain lain.

4.   Bertaubat

Di bulan Ramadhan diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk memohon ampunan dan juga bertaubat atas dosa telah diperbuat Ramadhan juga merupakan bulan untuk bertaubat karena saatt itu syaitan dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, menjadi isyarat peluang berbuat kejahatan itu sedikit. Kemudian pintu-pintu surga dibuka, sebagai isyarat Ramadhan adalah bulan kebaikan karena kesempatan melakukan amalan yang baik sangat terbuka lebar

5.   Banyak bersedekah

 Sedekah adalah salah satu amalan yang sangat disukai Allah SWT. Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk mendapatkan pahala sebesar-besarnya adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk bersedekah. Di bulan Ramadan, anjuran itu lebih diperkuat lagi karena pahala yang dijanjikan akan dilipatgandakan.

6.   Belajar ilmu ibadah

Diperlukan ilmu dalam melakukan sebuah amalan kebaikan dan dianjurkan kepada kita  untuk menuntut ilmu apalagi dengan kondisi seperti sekarang ini. Contoh belajar ilmu ibadah saat ramadhan bisa lakukan sejak dini hari seperti, sahur kita belajar bangun di sepertiga malam untuk tahajud, menunggu waktu subuh, melaksanakan shalat fajar, subuh berjamaah dan tepat waktu, membaca dan tadabbur Alquran, bahkan saat Ramadhan mampu mengkhatamkan Alqur’an beberapa kali.

7.    Membersihkan hati  

Bulan ramadhan mengajarkan kita untuk membersihkan hati dari sifat dengki, hasad dan hasud agar hati kita bersih kembali setelah menjalankan ibadah puasa.

Itulah 7 hal yang perlu dipersiapakan untuk menyabut datangnya bulan suci ramadhan. Semoga  tahun ini kita bisa menjalan kan ibadah. (erna/humas)