Salah satu siswa saat ujian munaqosah

Sebagai ujian kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an, SMA Muhammadiyah 1 Taman (SMAMITA) mengadakan Munaqosah Tahfidzul Qur’an yang diikuti oleh siswa dan siswi kelas tahfidz mulai dari kelas X sampai XII. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (27/3) yang bertepatan di ruang kelas lantai 6 SMAMITA.

Munaqosah kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena diadakan pada masa pandemi. Sehingga dalam pengujian, antara peserta dan penguji harus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Seperti yang dikatakan oleh Dawwas Inha Ulhaq, salah satu peserta Munaqosah kelas XI, ia merasa Munaqosah kali ini sangat berbeda dengan tahun lalu. “Pertama, kita diumumin buat Munaqosah ini pas lagi bingung ngurusin project. Kedua, selama ini kan mengajinya daring ya, terus ternyata ada munaqosah, apalagi bertepatan harus nyiapin buat PTS juga. Jadi, rasanya beda dan harus bener-bisa manage waktu biar semua bisa jalan.”  jelasnya.

Namun, meskipun mempunyai banyak kegiatan, ia telah mempersiapkan Munaqosah dengan cara muraja’ah atau mengulang bacaan sedikit demi sedikit sebelum diumukan jika akan diselenggarakan Munaqosah. Oleh karena itu, ia merasa terbantu dan mudah dalam Munaqosah.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa Munaqosah kali ini juga menjadi acuan untuk lebih bersemangat saat mengaji secara daring, karena hal tersebut menyebabkan ia fokus untuk mengejar target hafalan.

Untuk hasil dari Munaqosah, ia mengatakan bahwa hal tersebut adalah pencapaian dari usaha masing-masing individu. Ia memberikan pesan bahwa kinerja mengaji harus istiqamah dan diperbaiki agar lebih baik.

“Kalau hasil dari Munaqosah kali ini dirasa memuaskan, bearti performa ngaji kita harus di istiqomahkan. Tapi, kalau Munaqosahnya dirasa kurang memuaskan, bearti performa ngaji via daring kita harus lebih baik lagi kedepannya.”  tutup Dawas

Penulis : Rahma Meidiana (XI IPA 4)