PWMU.CO– Siswa Smamita (SMA Muhamamdiyah 1 Taman) Sidoarjo terus berprestasi meskipun di tengah pandemi Covid-19. Khansa Khayyirah Hasna meraih juara 2 lomba menulis cerpen tingkat SMA/SMK sederajat.

Lomba diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi PGSD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dengan nama kegiatan Force Online (Festival Olahraga, Cerdas Cermat, dan Seni ) SMA/SMK tingkat nasional yang digelar Senin (3/4/2021).

Khanza  menceritakan, mulai menulis cerpen pertengahan Februari 2021. Guru Smamita berperan memberikan dia motivasi ikut lomba.

”Saya belajar penggunaan tanda baca dan kalimat yang benar, membiasakan menulis, dan membaca buku fiksi. Itu banyak membantu saya meningkatkan keberagaman penggunaan gaya bahasa, kosa kata, dan inspirasi dalam cerita,” ujar Khanza.

Guru pembimbing Khanza, Amalia Juningsih MPd, menjelaskan, senantiasa memberikan dukungan untuk kemajuan dan perkembangan muridnya. ”Alhamdulillah lomba cipta cerpen tingkat nasional ini siswa dan siswi dapat menyalurkan hobi menulis menjadi pengalaman yang berharga,” ujar Amalia. 

Pembinaan dimulai sejak 22 Februari -22 Maret 2021. Dia mencari murid yang mempunyai bakat menulis sastra. Awalnya ada murid yang tidak percaya diri dengan karya tulisnya. Tapi berkat dorongan wali kelas akhirnya dua siswi ikut lomba. Yakni Freya Audrelia Pasha dari kelas X IPA 4 dan Khansa Khayyirah Hasna dari kelas X IPA 2.

Ia menambahkan, persiapan anak-anak menulis cerpen mulai menentukan genre yang cocok dengan tema pendidikan. Dilanjutkan dengan menentukan tokoh, penokohan dan karakter dari masing masing tokoh, alur cerita, konflik, dan penyelesaian masalah.

Kedua siswa Smamita ini berhasil menyelesaikan cerpennya. Cerpen tulisan Freya berjudul Kemah.Sedangkan cerpen Khansa berjudul Karsa Kelindan.

”Tanggal 3 April merupakan batas terakhir untuk submit karya cipta cerpen. Freya dan Khansa alhamdulillah menyelesaikan cipta cerpen tersebut dengan sangat baik,” ucap Amalia.

Tanggal 2 Mei merupakan pengumuman pemenang lomba cerpen dan syukur alhamdulillah salah satu dari kedua siswi yakni Khansa mendapatkan juara 2.

”Semoga pada lomba tingkat nasional berikutnya anak Smamita lebih banyak yang ikut berpartisipasi dan menjadi juara. Banyak siswa SMA Muhammadiyah 1 Taman yang bakat menulis sastra. Tinggal mengasah kemampuan dan mempunyai niat untuk mengikuti lomba,” ujarnya. (*)

Penulis Wahyu Murti  Editor Sugeng Purwanto