Winda Rachman mendapatkan BRONZE medal dalam lomba guru fisika

Beberapa siswa serta guru SMA Muhammadiyah 1 Taman (Smamita) mengikuti loma Pelatihan Olimpiade Sains Nasional (POSI) 2021 yang diadakan secara online melalui website POSI, tepatnya pada Minggu (9/5).

Salah satu guru Smamita, Winda Rahma Putri, berhasil meraih bronze dalam kategori lomba guru mata pelajaran fisika dalam lomba POSI 2021.

Dalam proses pengerjaan, ia mengatakan bahwa ada kendala yang harus ia hadapi, yakni server yang sibuk saat kompetisi berlangsung yang mengakibatkan konsentrasinya terganggu saat mengerjakan sebab untuk pindah ke soal berikutnya saja loadingnya cukup menyita waktu. Namun, ia cukup antusias saat mengerjakan yapalagi tingkat soal yang dikerjakan cukup sulit dan membutuhkan kreativitas dalam mengolah persamaan fisika.

Ia juga mengungkapkan bahwa ada salah satu soal yang paling ia ingat, yaitu tentang hukum Newton. “Satu yang paling saya ingat adalah soal tentang hukum Newton. Sebenarnya soal tersebut sederhana saja dimana ada benda ditarik dengan gaya F yang membentuk sudut tertentu terhadap horizontal di lantai kasar. Soal seperti ini sebenarnya mudah dikerjakan jika dalam bentuk angka, tetapi yang diminta dalam soal adalah percepatan dalam bentuk sebuah persamaan. Nah, untuk menemukan bentuk persamaan sesuai dengan pilihan kita butuh kreativitas, penguasaan konsep, juga ketelitian yang baik.”

Berkat ketelitan serta ketekunannya dalam menjawab setiap soal dalam lomba, ia berhasil mendapat bronze medal. Dalam kemenangannya, ia mengungkapkan bahwa merasa bersyukur, namun juga ada perasaan kecewa. “Saya merasa bersyukur bisa mendapatkan bronze medal, tetapi tetap ada rasa kecewa, sebab ada beberapa soal yang terjawab dengan yakin tetapi terindikasi ada kesalahan, meskipun sedikit, tentu tetap mengurangi peluang mendapatkan gold. Semoga dilain kesempatan saya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.” pungkasnya.

Selamat dan Sukses atas kemenangannya dalam lomba Pelatihan Olimpiade Sains Nasional (POSI).

KATEGORI GURU

1. Zaenuriyah mendapatkan SILVER (lomba guru geografi)

2. Khoirunnisa mendapatkan SILVER (Lomba guru komputer)

3. Winda Rachman mendapatkan  BRONZE (lomba guru fisika)

KATEGORI SISWA

1. Rendy Ahmad Kurniawan (X IPA 2) mendapatkan SILVER dalam bidang Fisika,

2. Zahira Ardiani Ansa (X IPA 2) mendapatkan BRONZE dalam bidang bahasa inggris

3. Nurindra Raya Al Abrar (X IPS 2) mendapatkan BRONZE dalam bidang Geografi

4. Winnia Feby Rahmani (X IPS 3) mendapatkan Bronze dalam bidang Bahasa Inggris

Penulis : Rahma Meidiana (XI IPA 4)