Dourah Quran, kepas Tahfidz Smamit

TAMAN – Sebanyak 24 siswa kelas X IPA 4 atau biasa disebut kelas tahfidz SMA Muhammadiyah 1 Taman antusias mengikuti kegiatan Dauroh Al-Qur’an yang diadakan di Pondok Pesantren Elkisi IIBS Mojokerto.

Kegiatan ini adalah kegiatan wajib kelas tahfidz, sehingga ada 3 siswa yang tidak bisa mengikuti kegiatan secara luring di Ponpes Elkisi tetap harus mengikuti kegiatan secara online dibawah pengawasan wali kelasnya.

Kegiatan Dauroh Al-Qur’an tersebut bertujuan agar siswa kelas tahfidz mampu menghafal Al-Qur’an dengan cepat, baik dan benar. Selain itu juga bertujuan untuk mewujudkan siswa kelas tahfidz menjadi generasi Qur’ani dan berbudi.

Waka Ismuba SMA Muhammadiyah 1 Taman, Miftahol Jannah, M.Pd. mewakili Kepala SMA Muhammadiyah 1 Taman atau SMAM1TA saat pembukaan kegiatan Dauroh Al-Qur’an mengatakan, SMAM1TA sangat berterima kasih kepada Pondok Pesantren Elkisi IIBS yang telah bersedia menerima dan mendidik siswa kelas tahfidz SMAM1TA dalam kegiatan ini.

“SMA Muhammadiyah 1 Taman sangat berterima kasih kepada Pondok Elkisi karena sudah menerima siswa kami dengan baik, hanya Allah lah yang dapat membalas semua kebaikan Ustadz dan Ustadzah semuanya,” kata Miftahol Jannah, M.Pd dalam sambutannya di acara pembukaan Dauroh Al-Qur’an yang bertempat di perpustakaan Pondok Pesantren Elkisi IIBS, Selasa (8/6/2021).

Kegiatan Dauroh Al-Qur’an ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang terjalin antara SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo dengan Pondok Pesantren Elkisi IIBS Mojokerto. Dauroh Al-Qur’an yang merupakan salah satu program kelas tahfidz ini berlangsung selama 6 hari, yakni mulai dari Selasa, 8 Juni hingga Ahad, 13 Juni 2021.

Setelah kegiatan ini berakhir diharapkan siswa kelas X IPA 4 atau kelas tahfidz ini mampu menambah hafalan Al-Quran sebanyak 2 juz.Penanggung jawab kegiatan Dauroh Al-Qur’an dari Ponpes Elkisi IIBS Ustadz Ali mengatakan, siswa harus benar-benar bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam menghafal Al-Qur’an karena penghafal Al-Qur’an kelak akan diberikan mahkota di surga dan dapat memberikan kemuliaan bagi kedua orang tuanya di akhirat kelak.

“Anak-anak harus serius dalam menghafal, karena kelak penghafal Al-Qur’an akan diberikan mahkota dan dapat memberikan kemuliaan bagi kedua orang tuanya di akhirat,” jelas Ustadz Ali disela-sela membuka acara ‘Dauroh Al-Qur’an’, Ahad (8/6/2021).

Kegiatan Dauroh Al-Qur’an yang berlangsung selama 6 hari ini akan melatih siswa kelas tahfidz untuk mengikuti kegiatan yang biasa dilakukan santri Ponpes Elkisi. Kegiatan dimulai pukul 3 pagi dimana siswa akan bangun untuk melaksanakan sholat tahajud yang dilanjutkan dengan murojaah.

Kemudian dalam sehari itu ada 6 kali kegiatan yang diisi dengan hafalan Al-Qur’an. Seluruh rangkaian kegiatan tersebut akan selesai pada jam istirahat yaitu pukul 10 malam.Dengan dilaksanakannya kegiatan Dauroh Al-Qur’an yang pertama ini, diharapkan kerjasama yang terjalin antara SMAM1TA dan Ponpes Elkisi IIBS ini dapat berjalan dengan lebih erat lagi. Selain itu kerjasama ini akan membawa manfaat yang baik kepada kedua lembaga khususnya dan kepada masyarakat secara umum. (Sofwan/Panitia Dauroh Al-Qur’an)