Tim Monitoring ANBK Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa timur Wilayah Sidoarjo

PWMU.CO– Guru dan kepala SMA Muhammadiyah 1 Taman mengikuti Asesmen Nasional (AN) yang diselenggarakan Kemdikbud secara online, Senin (27/9/2021).

Guru dan kepala sekolah mengerjakan AN untuk survei lingkungan belajar.

Bersamaan dengan itu para siswa Smamita, julukan SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo, juga melaksanakan asesmen. Tapi siswa mengerjakan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter.

Pengawas Dinas Pendidikan Provinsi, Rima Citra S.Sos dan Purwito, datang ke Smamita untuk melaksanakan monitoring. ”Hari ini kami datang ke Smamita dalam rangka monev (monitoring dan evaluasi) kegiatan ANBK siswa kelas XI. Saya lihat tidak ada kendala dalam pelaksanaan ANBK di Smamita ini,” ujar Rima.

Ia berpesan kepada sekolah agar ANBK sampai hari kedua berjalan lancar. ”Selamat dan sukses untuk Smamita sudah melaksanakan ANBK dengan baik dan lancar. Mudah mudahan sampai hari kedua tidak ada kendala yang berarti, siswa dapat hasil yang terbaik, bapak ibu guru berhasil dan sukses dalam mendidik siswanya” tambahnya.

Irma Rusdiana, S.Pd., Plt. Waka Kuikulum isi survey lingkungan belajar

Sementara, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Smamita Irma Rusdiana SPd menuturkan, Asesmen Nasional di antaranya untuk membuat program peningkatan kompetensi guru menjadi lebih terarah. ”Tujuannya, untuk pemetaan mutu sekolah,” ujar Irma.

Ia menambahkan, diharapkan dengan adanya Asesmen Nasional sekolah bisa mengevaluasi dan menjadi lebih baik ke depannya. ”Hasil AN ini merupakan gambaran keseluruhan terkait kondisi sekolah,” paparnya.

Siwa Smamita mengejakan soal AKM AN

Sementara itu di hari yang sama siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Taman juga melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Program ANBK tidak akan mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil. Wahyu Murti/Humas