Gitar Semarakkan Pembelajaran Seni Budaya di SMA Muhammadiyah 1 Taman

Gitar Semarakkan Pembelajaran Seni Budaya di SMA Muhammadiyah 1 Taman

Kelas seni budaya di SMA tidak hanya tentang menggambar dan menari. Kini, gitar menjadi elemen baru yang menghidupkan kreativitas siswa. Pembelajaran gitar di SMA kian populer dan membawa dampak positif bagi siswa, baik dari segi akademis maupun non-akademis. Yosefin Niken Eko Savitri, S.Pd, sebagai guru mata pelajaran Seni Budaya di SMA Muhammadiyah 1 Taman mengembangkan kreativitas dan musikalitas siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Taman khususnya kelas XI dengan selalu memantau latihan mereka baik di rumah maupun di sekolah. Setelah mereka mendapatkan beberapa materi kunci dasar dari sekolah, selanjutnya ada waktu satu minggu untuk berlatih di rumah, kemudian di sekolah akan dites hasil dari mereka belajar selama seminggu di rumah. 

"Materi yang saya ajarkan dalam kelas gitar adalah kunci dasar gitar atau juga disebut dengan istilah chord, merupakan teknik memegang fret gitar dengan posisi fret dan nomor senar yang tepat. Secara umum, kunci dasar bermain gitar ada 7 yaitu A, B, C, D, E, F dan G dengan masing – masing memiliki nada mayor dan minor. Harapan saya sebagai guru seni budaya di SMA ini, baik siswa maupun siswinya bisa bernyanyi sambil memainkan gitar," ucap Niken, sapaan akrabnya.

Agar anak - anak bisa mempelajari teknik bermain gitar dengan benar, Yosefin Niken Eko Savitri, S.Pd mempraktikkan langsung di depan kelas satu per satu dari 7 kunci dasar tersebut dan langsung ditirukan oleh anak - anak. Sambil memantau setiap anaknya sampai mereka bisa menguasai chord dasar dengan benar dalam bermain gitar. Memahami kunci dasar bermain gitar tidak begitu sulit. Bisa memulainya dengan mengenal bentuk dari masing–masing kunci dasar dan belajar praktik secara berkala. Dengan giat dan sering menerapkan kunci, tentunya akan lebih cepat memahami kunci dasar untuk belajar bermain gitar dengan cepat.

Niken dengan sabar memberikan contoh bermain gitar yang benar serta yang utama adalah menciptakan rasa nyaman dan bahagia dalam mendampingi berlatih main gitar siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Taman. Ia juga memotivasi siswa-siswinya bahwa bermain dan berlatih gitar akan membantu diri sendiri disiplin dan kemampuan untuk berkonsentrasi dengan menggunakan semua indera yang dimiliki meliputi penglihatan, peraba, pendengar, serta pikiran.