Mendorong Pemahaman Holistik Melalui Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) Tingkat SMA

Mendorong Pemahaman Holistik Melalui Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) Tingkat SMA

Di tengah upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penilaian akhir jenjang sekolah menjadi sorotan utama. Sekolah-sekolah telah menerapkan berbagai pendekatan dalam mengevaluasi kemajuan dan pencapaian siswa pada akhir setiap jenjang pendidikan mereka salah satunya SMA Muhammadiyah 1 Taman. Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) sebagai bentuk pencapaian hasil belajar dari peserta didik sebagai dasar penentuan kelulusan dari kurikulum yang digunakan. Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) kelas XII telah dilaksanakan oleh SMA Muhammadiyah 1 Taman sejak 26 Februari - 07 Maret 2024 lalu. Dengan adanya PSAJ, proses penilaian tidak hanya berfokus pada hasil akhir ujian, tetapi juga memperhatikan aspek-aspek penting lainnya seperti kemampuan analisis, sintesis, dan penerapan konsep dalam konteks kehidupan nyata yang bertujuan untuk menggambarkan kemampuan siswa secara holistik.

Amilia Mahmuda, S.Si., M.Pd, guru pengampu mata pelajaran Biologi menyampaikan, dalam pelaksanaannya, tingkat kesulitan soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) disesuaikan dengan kemampuan peserta didik kelas XII dengan tipe soal AKM berupa soal literasi, numerasi, dan penguatan pendidikan karakter. 

Hal senada juga diungkapkan oleh guru mata pelajaran lainnya. “Tingkat kesulitan dalam menyusun soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang, saya menerapkan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang memiliki empat jenis soal, yaitu pilihan ganda tunggal, pilihan ganda kompleks, benar salah dan uraian. Oleh karena itu sebaran tingkat mudah sulitnya soal merata berdasarkan materi yang diberikan,” jelas Zaenuriyah Efendi, S.Pd selaku guru pengampu mata pelajaran Geografi SMA Muhammadiyah 1 Taman.

Bukan hanya soal kecerdasan intelektual yang diuji dalam penilaian sumatif akhir jenjang ini, tetapi juga ketangguhan mental dan kemampuan siswa untuk mengelola stres karena selain tipe AKM dalam soal ujian yang dipaparkan juga terdapat tipe soal-soal Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Penyisipan penggunaan soal SNBT dalam PSAJ SMA akan membantu menaikkan kualitas pendidikan pelajar secara keseluruhan.

“Dengan mempertimbangkan kurikulum nasional, mengadopsi beberapa soal SNBT dalam Penilaian Sumatif Akhir Jenjang dirancang untuk mengukur pemahaman dan penguasaan materi yang diajarkan di seluruh sekolah dari kelas X hingga XII,” pungkas Mochammad Junaidi, S.Pd selaku guru pengampu mata pelajaran Matematika Peminatan.