Meningkatkan Pembelajaran Al-Quran bagi Siswa-Siswi Melalui Metode Tilawati

Meningkatkan Pembelajaran Al-Quran bagi Siswa-Siswi Melalui Metode Tilawati

Pembelajaran Al-Quran bagi pelajar adalah implementasi program pembelajaran Al-Quran di SMA Muhammadiyah 1 Taman. Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang ajaran Islam dan Al-Quran kepada generasi muda khususnya siswa-siswi SMA Muhammadiyah kelas XI IPA 4. Selain itu, juga meningkatkan kemampuan membaca dan memahami bacaan Al-Quran. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari, pada 13 - 15 Maret 2024.

Metode pengajaran dan pembelajaran yang digunakan yakni pendekatan metode Tilawati Remaja yang mana pembelajaran berulang-ulang bagi siswa-siswi, mereka diberi peluang untuk membaca huruf-huruf Al-Quran berulang-ulang dengan tujuan meningkatkan kefasihan dan kejelasan bacaan mereka. Program ini bekerja sama dengan Pesantren Al Quran Nurul Falah Surabaya yang diasuh oleh Kepala Cabang Surabaya, Imam Safi’i, M.Pd. 

“Adanya kegiatan ini guna membekali siswa-siswi kelas XI IPA 4 sebagai calon guru Al-Quran dengan metode mengajar AL-Quran secara profesional,” tutur Ummu Syarifah, penanggung jawab kegiatan. Salah satu pengisi materi, Mohammad Choiri, S.Pd.I menyampaikan kepada siswa-siswi kelas XI IPA 4 bahwa sebagaimana setiap huruf Al-Quran memiliki kekuatan yang luar biasa, begitu juga setiap langkah kita dalam mempelajarinya. Mari kita terus berusaha dan tidak pernah menyerah dalam mencapai kemahiran tilawah yang sempurna.

Setelah mengikuti pembekalan selama 3 hari tentunya ada evaluasi kemampuan individu untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Quran dari masing-masing siswa. Ini akan membantu dalam menyesuaikan pendekatan pembelajaran sesuai dengan tingkat kemampuan mereka karena rencana tindak lanjut terkait pembekalan sekaligus pembelajaran Al-Quran tersebut untuk praktik mengajar di SD Muhammadiyah sekitar.